Sabtu, 21 Januari 2012

Djohar Targetkan Indonesia ke Piala Dunia 2022

Bola.net - Optimisme tinggi dilambungkan Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin yang memasang target timnas Indonesia bisa tampil di putaran final Piala Dunia 2022 mendatang.

Menurut Djohar, optimisme itu bukan tanpa alasan dan bisa saja dicapai jika melihat bahwa pembinaan sepak bola di level usia dini terus dilakukan.

"Paling lambat 2026," cetusnya kepada wartawan saat mengunjungi Graha Solo Raya di Solo, Jumat (20/1) sebagaimana dilansir Tempo.

Djohar merasa jika waktu 10 tahun ke depan sudah cukup untuk membentuk sebuah tim nasional yang tangguh dan bisa berbicara banyak di level internasional sekelas Piala Dunia.

Hal itu diperkuat dengan prestasi beberapa pesepak bola muda Indonesia yang menyabet juara di level regional ASEAN dan juga Asia.

"Kalau mereka bisa jadi pemain tim nasional yang handal, kita bisa masuk Piala Dunia. Bahkan, nantinya bisa ekspor pemain ke Jepang, Korea, atau Eropa," imbuhnya.

Selain itu Djohar juga menyebut jika ia mencontoh konsep di luar negeri dengan membentuk beberapa level tim nasional.

"Kemudian kami akan membentuk enam timnas, yaitu U-16, U-19, U-20, U-21, U-23, dan timnas senior. Termasuk di dalamnya timnas futsal, timnas wanita, dan sepak bola pantai. Ini bukan metode baru. Kami mencontoh Belanda," terangnya.

Djohar mencontohkan pembinaan yang sedang dijalankan saat ini di antaranya kejuaraan untuk usia di bawah 15 tahun atau U-15 oleh pengurus cabang PSSI di daerah di mana pemenangnya akan maju ke tingkat provinsi sebelum melangkah ke putaran final di Jakarta.

Di tingkat pelatih, ia mengklaim sudah mengontrak pelatih asal Belanda, Albert Pentury selama dua tahun dengan tugas meningkatkan kemampuan pelatih di daerah sehingga diharapkan pelatih lokal bisa mengajarkan bagaimana cara bermain sepak bola yang benar kepada anak didiknya. (tempo/row)
Dilihat sebanyak 1.582 kali

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management