Rabu, 25 Januari 2012

Mengenal si manis Madu

Apakah Madu itu ?
Madu murni mengandung zat manis alami yang dihasilkan oleh lebah madu dari sari bunga tanaman atau zat pengeluaran tanaman hidup. Madu dibuat oleh lebah madu di sarang lebah dengan elemen yang terkandung gula alami, enzim, mineral, vitamin, dan asam amino. Untuk memperoleh ½ kg madu, kurang lebih 60.000 lebah berkumpul secara kolektif di sarang  dan mengunjungi lebih dari dua juta bunga untuk mengumpulkan sari bunga. Warna dan rasa  berbeda tergantung pada sumber sari bunga. Secara umum,  berwarna cerah, ringan dalam rasa, sedangkan madu gelap biasanya lebih kuat dalam rasa.
Bentuk Madu
Kebanyakan dari kita tahu madu sebagai cairan manis kental kekuning-kuningan. Namun, madu dapat ditemukan dalam berbagai bentuk.
Sarang Madu –  yaitu madu dalam sarang lebah. Sarang lebah bisa dimakan!
Potong Sarang -  adalah madu cair yang ditambahkan potongan dari sarang madu dalam guci. Hal ini juga dikenal sebagai kombinasi cairan-potong sarang.
Madu Cair – Madu cair diekstraksi dari sarang madu dengan cara ditiriskan atau diperas. Sebagian besar madu yang diproduksi / dijual dalam bentuk cair karena madu cair mudah digunakan ke berbagai masakan/makanan.
Madu Kristal – Madu kristal adalah madu alami yang mengkristal pada bagian dari isi glukosa secara alami. Aman untuk dikonsumsi.
Madu Krim- Madu yang dikocok membentuk benda padat lembut seperti ,mentega atau jelly (juga dikenal sebagai madu cremed) Di banyak negara di seluruh dunia, madu krim/kocok lebih disukai ke bentuk cair terutama pada waktu sarapan.
Warna dan Rasa Madu
Madu biasanya dibeli dan dijual dengan berbagai rasa atau warna. Sebagian besar konsumen, membeli madu di supermarket, di toko, kios/warung, atau langsung dari peternak lebah. Warna dan rasa madu alami saling berhubungan yaitu, semakin gelap warna madu rasa lebih kuat. Madu berwarna cerah biasanya lebih halus dan manis. Secara umum madu berwarna sangat cerah jauh lebih mahal daripada madu gelap. Perusahaan kue dapat menetapkan nilai warna yang lebih gelap seperti madu kuning, bukan madu berwarna ringan seperti air putih.
Madu Produksi
Madu produksi tidak memenuhi kriteria komposisi untuk madu murni, tetapi produk yang terdiri dari sebagian madu.
Madu kering – adalah madu yang telah mengalami dehidrasi panas yang sangat tinggi, kemudian dicampur dengan pati atau gula agar tetap mencair. Hal ini sudah tidak murni lagi.
Madu rasa buah- adalah madu yang ditambahkan buah, pewarna atau penyedap. Meskipun buah atau penyedap mungkin sangat lezat itu sudah tidak murni lagi.
Madu infused – madu yang telah memiliki rasa bumbu, rempah-rempah, dll ditambahkan dengan seduhan.
Madu khusus Bersertifikat
Madu Kosher – madu yang diproduksi, diproses dan dikemas sesuai dengan peraturan diet dan disertifikasi oleh organisasi Kosher. Madu Organik – madu organik adalah madu yang diproduksi, diproses dan dikemas sesuai dengan peraturan USDA pada produk organik dan disertifikasi oleh lembaga sertifikasi USDA atau organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management