Sabtu, 28 Januari 2012

Tak Mau Kalah, Microsoft Luncurkan Windows Store


Quote:
Setelah para pengguna perangkat berbasis iOS dan Android dimanjakan dengan kehadiran toko aplikasi online yang menyediakan ribuan aplikasi yang dapat diunduh, kini Microsoft juga akan merilis toko aplikasinya sendiri yang bernama Windows Store. Toko aplikasi ini akan diproyeksikan sebagai penunjang bagi sistem operasi baru yang juga akan mereka luncurkan di tahun 2012 ini, yakni Windows 8. Hal ini dikonfirmasikan Microsoft melalui Chief Marketing Officer Windows, Tammi Reller di Las Vegas pada CES 2012. Reller menyatakan bahwa toko aplikasi online tersebut direncanakan akan rilis pada akhir Februari 2012 seiring dengan kehadiran versi Windows 8 versi beta.

Windows Store merupakan salah satu terobosan terbaru setelah kehadiran Windows 8. Toko aplikasi ini akan menjadi salah satu layanan yang Microsoft berikan bagi para pelanggan setianya sekaligus menjadi kompetitor serius bagi toko aplikasi sejenis seperti App Store dan Android Market. Windows Store memberikan dukungan penuh terhadap semua bahasa yang selama ini didukung oleh Windows. Toko aplikasi online ini dirancang untuk menunjang kegiatan para pengguna Windows 8 melalui beragam aplikasi yang tersedia. Beragamnya aplikasi ini diharapkan dapat memberikan layanan penuh bagi seluruh pengguna dengan berbagai latar belakang dan tidak hanya mengkhususkan dukungan terhadap kalangan bisnis saja.

Untuk menarik minat para pengembang, Reller menyatakan bahwa Microsoft akan memberikan bagian pendapatan sebesar 80% bagi para pengembang aplikasi yang sukses menghasilkan $ 25.000 atau lebih setiap bulannya. Adapun bagi para pengembang aplikasi yang tidak dapat menghasilkan $ 25.000 atau lebih, Microsoft tetap memberikan besaran bagian pendapatan yang menggiurkan bagi pengembang yaitu sebesar 70% pendapatan. Tak hanya itu, Microsoft juga berjanji akan memberikan transparansi mengenai justifikasi terhadap diterima atau ditolaknya suatu aplikasi di Windows Store. Bahkan untuk lebih memberikan kesan yang baik di mata para pengembang, Microsoft berencana akan membagikan reference hardware berupa tablet buatan Samsung yang telah dilengkapi dengan Windows 8 edisi pra-pengembangan serta Software Development Kit (SDK) agar pengembang dapat segera membangun aplikasi di Windows 8.

Meskipun begitu, Reller tidak menjelaskan bagaimana skema pembayaran aplikasi di Windows Store. Reller juga belum menyebutkan berapa jumlah aplikasi yang direncanakan telah tersedia pada saat peluncuran Windows 8 pada akhir Februari nanti. Menarik ditunggu apakah Windows Store dapat mencuri perhatian para pengembang dan pengguna aplikasi yang masih larut dalam hegemoni App Store dan Android Market.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management