Rabu, 08 Februari 2012

Lorenzo Akui Stoner Memang Cepat

SEPANG, Kompas.com - Pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo, harus mengakui ketangguhan pebalap Repsol Honda, Casey Stoner, yang mengakhiri latihan pra-musim MotoGP 2012 di Sepang, Malaysia, sebagai yang terbaik. Setelah absen pada hari pertama akibat cedera ringan pada punggung, Stoner tak terkalahkan pada dua hari terakhir tes tiga hari yang berlangsung sejak Selasa (31/1/12) hingga Kamis (2/2/12) ini.

Pada sesi terakhir hari ini, Lorenzo, yang tercepat pada hari pertama, finis di urutan kedua dengan selisih waktu 0,591 detik dari Stoner, sang juara dunia 2007 dan 2011. Meskipun demikian, Lorenzo mengatakan bahwa catatan waktu bukanlah faktor yang krusial, karena saat ini mereka masih sedang dalam proses pengembangan motor baru 1.000 cc. Tetapi di sisi lain dia mengakui, Stoner memang tangguh.
Casey cepat dengan apapun yang mereka berikan kepadanya. Jujur, catatan waktu tidak terlalu penting pada fase ini. Masalah rasa pada motor lebih penting
-- Jorge Lorenzo
"Casey cepat dengan apapun yang mereka berikan kepadanya," ujar Lorenzo sambil tersenyum, yang membuat catatan waktu terbaik di Sepang atas namanya sendiri pada Kamis ini. "Jujur, catatan waktu tidak terlalu penting pada fase ini. Masalah rasa pada motor menjadi hal yang sangat penting.

"Motor juga terasa lebih menyenangkan karena torsinya lebih dan anda tidak perlu bertarung dengan sebuah mesin yang loyo saat keluar dari tikungan yang lambat. Sekarang anda memiliki tenaga yang cukup untuk menikmatinya.

"Untuk masa mendatang, saya pikir kami perlu bekerja pada sistem elektronik, terutama pada tikungan-tikungan lambat. Saat keluar, tidak terlalu lembut.

"Ban baru Bridgestone terasa sangat bagus. Sangat stabil saat lintasan lurus, dan ketika pengereman untuk masuk tikungan. Lebih bagus dibandingkan standar lainnya. Itu bagus untuk memberikan kepercayaan diri."

Usai tes ini, Lorenzo dan para rivalnya akan kembali lagi ke Sirkuit Sepang pada 28 Februari mendatang. Mereka akan menjalani latihan resmi kedua pra-musim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management