Rabu, 25 Januari 2012

Melihat Daftar Calon Peserta Sertifikasi Guru 2012

Cara melihat Daftar Calon Peserta Sertifikasi Guru 2012 ini adalah update dari artikel “Informasi Peserta Sertifikasi Guru”.  Saya mengangkat masalah ini dikarenakan pengalaman rekan yang belum masuk daftar, padahal telah memenuhi syarat dan telah didaftarkan ke Dinas setempat. Selain itu, website www.sergur.pusbangprodik.org    yang menyediakan daftar calon peserta sertifikasi guru terkadang membingungkan (awalnya) terutama oleh orang awam internet.
Sedikit panduan dan pengalaman melihat Daftar Calon Peserta Sertifikasi Guru 2012 ini,  semoga dapat membantu Anda, kalau pun Anda  telah paham, lewati saja  artikel ini atau Anda dapat menambah kekurangan artikel ini agar supaya dapat membantu rekan kita yang kesulitan mengakses atau mengurus sertifikasi guru.
1. Buka website www.sergur.pusbangprodik.org   akan tampil halaman home, kemudian klik “Peserta”
daftar calon peserta sertifikasi guru
2. Selanjutnya akan tampil halaman “listview” yang berisi kolom kriteria, pencarian dan beranda.  Pada kolom pilih kriteria silahkan masukkan pilihan daerah yang akan dicari. Dan tekan tombol Tampilkan, selanjutnya akan ditampilkan nama-nama  calon peserta sertifikasi guru.  Atau dapat menggunakan pencarian dengan memasukkan nomer NUPTK 16 digit, bilamana sudah terdaftar, nama akan langsung muncul. Anehnya (pengalaman),  sewaktu memasukkan nomer NUPTK seorang rekan di kolom pencarian (pada halaman ini) data tidak ditemukan, akan tetapi di kolom pencarian pada halaman lain, data muncul. (baca selanjutnya)
daftar calon peserta sertifikasi guru 3. Pada halaman setelah memilih ” pilih kriteria” akan ditampilkan nama-nama daftar calon peserta sertifikasi guru 2012 dari daerah pilihan. Cari dan lihat nama Anda, rekan atau saudara Anda. Ada pengalaman menarik dalam kasus ini. Entah siapa yang kurang benar, ada nama yang muncul tetapi yang bersangkutan telah meninggal (tahun lalu), terdapat nama-nama yang telah menerima sertifikasi, data-data yang tidak akurat. Semua ini terjadi di daerah penulis, entah di daerah lain.
daftar calon sertifikasi guru
Pengalaman lain. Sewaktu memasukkan nomer NUPTK di halaman “listview” atau pilih kriteria, nama tidak muncul, penulis mencoba mencari lagi dalam kolom pencarian pada halaman ini, ternyata muncul. Padahal dalam nama-nama daftar calon peserta sertifikasi guru 2012, nama tidak tercantum.
Bagi Anda, rekan, saudara yang merasa telah memenuhi syarat, tetapi nama belum tercantum dalam nama-nama daftar calon peserta sertifikasi guru 2012, coba terlebih dahulu menggunakan kolom pencarian pada halaman  nama daftar calon peserta sertifikasi guru 2012 yang telah ditampilkan. Klik pencarian, yang selanjutnya akan tampil kolom pencarian dan masukkan nomer NUPTK 16 digit, kemudian klik gambar pencarian (kadang tekan enter tidak berfungsi).
Bila telah terdaftar meskipun tidak tercantum dalam nama-nama daftar calon peserta sertifikasi guru 2012, data akan muncul.
nama daftar calon sertifikasi guru 2012
Pertama kali mengakses website www.sergur.pusbangprodik.org pada bulan Oktober lalu, nama di atas tidak tercantum dalam daftar, bolak-balik diperiksa dengan teliti, juga dilakukan pencarian pada halaman pilih kriteria, tetap tidak ada. Mengingat rekan-rekan seangkatan, seumur, segolongan bahkan di bawahnya telah terdaftar semua , lantas timbul prasangka yang bukan-bukan. Untunglah penulis menemukan jalan lain (atau sebenarnya tidak tahu).
Setelah tampilnya data peserta, ternyata ada beberapa kekeliruan pada, tingkat pendidikan, golongan, tempat tanggal lahir. Segera menyiapkan berkas dan mengajukan perbaikan ke Diknas setempat, Bulan Nopember ini akhirnya muncul dalam nama-nama daftar calon peserta sertifikasi guru 2012. Semoga terjaring tahun 2012.
Penutup.
Tinggal beberapa hari lagi pendaftaran calon peserta sertifikasi guru 2012 ditutup. Apabila data diri Anda, rekan, saudara anda belum tertera dalam daftar layak calon peserta padahal telah memenuhi syarat, dapat melakukan pengecekan dan lakukan perbaikan data apabila salah (berjaga-jaga bila terjadi sesuatu di kemudian hari) ke dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management